Sebagai lulusan baru yang sedang kebingungan mencari pekerjaan, kamu mungkin merasa khawatir karena belum memiliki pengalaman. Tak perlu berkecil hati; kamu hanya perlu sedikit lebih kreatif dengan mengikuti tiga tips berikut untuk ‘memperkaya’ resume dan mendapat pekerjaan impian!

1. Akui Kekurangan

Sulit mungkin untuk mengakui kekurangan diri sendiri, namun nyatanya ketika kamu sedang melamar untuk suatu posisi entry-level, rekruter sudah terlebih dahulu mengetahui bahwa kamu hanya memiliki sedikit, atau bahkan tidak sama sekali, pengalaman kerja. Jadi untuk apa susah payah mencoba mengada-ada?

Sebaliknya, kami justru menyarankanmu untuk mengakui kurangnya pengalaman dan memanfaatkannya sebagai motivasi terbesar untuk terus belajar. Contohnya, jika kamu melamar kerja ke perusahaan PR, kamu dapat menuturkan bagaimana kamu yang sebelumnya tidak bisa menyelesaikan tugas merangkum buku berhasil mendapat nilai tertinggi di kelas menulis. Pengalaman yang kamu ceritakan memang tidak ada sangkut pautnya dengan bakal pekerjaanmu di industri PR, tapi pencapaian yang kamu raih menggambarkan dedikasi, rasa ingin tahu, dan komitmenmu untuk belajar dan berkembang. Dan coba tebak? Aspek-aspek seperti itulah yang dicari rekruter dari para pencari kerja yang notabene lulusan baru.

2. Akrabkan Diri

Meskipun di dunia kerja kamu terbilang masih anak bawang, bukan berarti kamu tidak bisa berbagi pengalaman pribadi yang memberi pelajaran berharga.

Kamu mungkin mengambil studi di luar negeri dan berkesempatan untuk menyaksikan langsung keberagaman budaya yang ada di berbagai negara. Percayalah, hal tersebut menunjukkan kedewasaan dan wawasan yang rekruter manapun inginkan dari seorang pekerja! Cari momen-momen dalam hidup yang telah mengubah hidupmu, tuturkan secara singkat dalam resume atau cover letter, kemudian gunakan sebagai bahan pembicaraan saat wawancara. Satu saran dari kami: keep it simple. Lewatkan detil tidak penting dan hanya ceritakan pengalaman yang mengajarimu etos kerja yang baik.

3. Temukan Koneksi

Tips yang satu ini memerlukan lebih banyak usaha dan harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang kamu incar, tapi kami berani menjamin upaya yang kamu kerahkan tidak akan sia-sia!

Saat melamar ke suatu pekerjaan, walaupun kamu mungkin tidak memiliki pengalaman khusus di bidang terkait, kamu pasti punya alasan tertentu yang membuatmu tertarik pada peran dan perusahaan yang dituju, bukan? Lakukan sedikit riset tentang perusahaan, lalu temukan cara untuk menghubungkan pengalamanmu — baik itu pengalaman selama masa studi ataupun pengalaman hidup — dengan inisiatif-inisiatif  yang telah dilakukan perusahaan. Contohnya, jika kamu melamar ke sebuah studio film, kamu dapat menerangkan bagaimana film mereka mengubah hidupmu di cover letter. Barangkali kamu masih menyimpan semua DVD dan posternya atau bahkan rela mengantri di bioskop di hari tayang perdana demi menonton filmnya. Apapun itu, ciptakan koneksi antara minat dan pengalamanmu dengan perusahaan, kemudian utarakan bagaimana koneksi tersebut akan mendorongmu melaju cepat bersama perusahaan jika kamu berhasil direkrut.

Melamar untuk pekerjaan apapun, baik itu di perusahaan berbasis teknologi, studio fashion, atau label rekaman, kamu yang lulusan baru kemunginkan besar tidak akan memiliki banyak pengalaman relevan yang bisa dipajang di resume. Tapi kamu tidak perlu khawatir; rekruter akan jauh lebih terkesan dengan interpretasimu tentang hal-hal yang pernah kamu alami dan bagaimana kamu menggunakan pelajaran yang didapatkan sebagai tumpuan untuk terjun ke dunia kerja. Tetaplah bersikap profesional dan jujur, tanpa dilebih-lebihkan.

Khusus untuk kamu yang sedang mencari inspirasi dan ingin langsung mempraktekkan membuat resume secara online, kamu bisa mencobanya di sini!

Mencari pekerjaan hanya dengan berbekal pendidikan memang tidak gampang, tapi semua tantangan pasti bisa dilewati jika kamu yakin pada kemampuan diri.

 

Untuk informasi lowongan pekerjaan, silakan cek halaman ACEC berikut.

 

Tags: , , , ,