Melihat fenomena di UMS saat ini, hampir 70% dari mahasiswa yang  lulus berkeinginan menjadi pegawai. Faktanya jumlah lulusan perguruan tinggi dan lapangan kerja sangat tidak seimbang, sehingga lulusan dari perguruan tinggi banyak yang menganggur. Untuk mengatasi masalah ini perlu ada perubahan orientasi kepada lulusan perguruan tinggi sebagai pencari kerja menjadi lulusan perguruan tinggi pencipta lapangan kerja. Untuk itu, upaya lebih awal perlu dilakukan.

    TUJUAN

  1. Mengenalkan dan berbagi pengalaman kewirausahaan pada mahasiswa UMS.
  2. Diharapkan mahasiswa memiliki pemikiran untuk mencoba menjadi seorang entrepreneur sukses mulai dari sekarang, lebih termotivasi dalam membuka usaha agar seimbang dalam mencapai tujuan.
  3. Menciptakan bibit-bibit pengusaha muda yang berasal dari kalangan mahasiswa UMS

Berikut ini  adalah bentuk kegiatan berwirausaa dalam mengenalkan dan berbagi pengalaman kewirausaan pada mahasiswa UMS dari mengadakan seminar, workshop kewirausahaan dan mahasiswa berwirausaha

 

Gambar 1.1 Peserta Kegiatan Seminar Kewirausahaan 

Gambar 1.2 Pemateri Kegiatan Seminar Kewirausahaan

Program Kewirausahaan Merdeka-Kampus Merdeka (MBKM)  berfokus pada peningkatan kapasitas dan kompetensi mahasiswa Indonesia melalui program unggulan seperti Workshop Kewirausahaan, Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI), dan Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia.

 

No Nama Kegiatan Tahun Jumlah Mahasiswa
1 Mahasiswa Berwirausaha 2018 39
2 Mahasiswa Berwirausaha 2019 223
3 Mahasiswa Berwirausaha 2020 613