Accounting – Accountant, Privatization Contractor
Tujuan dari posisi ini adalah:
Mendukung keseluruhan kegiatan akuntansi harian antara PTFI dan mitra swasta tertentu, termasuk pencatatan, analisis, peninjauan, konsolidasi dan pelaporan semua kegiatan akuntansi mitra swasta untuk menjaga kepatuhan terhadap prosedur akuntansi yang tepat, kewajiban kontraktual, anggaran dan kebijakan perusahaan.
Tugas dan tanggung jawab utama dari posisi ini adalah:
- Menyiapkan dan mengawasi aktivitas akuntansi sehari-hari yang terkait dengan mitra privatisasi, termasuk penganggaran/perkiraan, analisis biaya varians bulanan, konsolidasi dan pelaporan, untuk menyelaraskan aktivitas akuntansi mereka dengan sistem manajemen akuntansi perusahaan.
- Menyiapkan dan mencatat informasi akuntansi yang terkait dengan mitra privatisasi, mengunggah ke sistem basis data akuntansi yang ada, memelihara sistem dan menerbitkan laporan yang relevan, untuk memastikan bahwa pengumpulan dan penggunaan informasi sesuai dengan prosedur akuntansi (pembukuan) PTFI dan oleh karena itu dapat digunakan untuk tinjauan kinerja biaya dan penutupan.
- Berkomunikasi dengan mitra privatisasi tertentu mengenai aktivitas akuntansi harian untuk memastikan bahwa semua informasi akuntansi yang berasal dari mitra privat tersebut sejalan dengan sistem manajemen akuntansi perusahaan dan setiap perjanjian kontraktual (MSA – Master Service Agreement) dan untuk membantu bilamana timbul masalah akuntansi.
- Periksa apakah biaya perusahaan privatisasi dicatat pada akun yang tepat dan identifikasi setiap varians biaya untuk menyiapkan varians biaya tersebut dan informasi apa pun yang akan dimasukkan ke dalam Analisis Varians Biaya/Tinjauan Kinerja yang berkaitan dengan masing-masing mitra privatisasi.
- Meninjau transaksi harian PTFI – mitra privatisasi (faktur, transfer kawat, dll.) serta mengatur dan mengorganisasi permintaan dan proses pembayaran untuk memastikan semuanya lengkap, akurat dan sesuai dengan kewajiban MSA.
- Membantu Kepala Akuntan dalam menyusun laporan Keuangan dan Akuntansi (laporan rekonsiliasi, laporan analisis, dsb.) yang berkaitan dengan mitra yang diprivatisasi, memastikan keakuratan informasi, sesuai dengan pembukuan akuntansi PTFI, dan memenuhi target serta batas waktu pelaporan yang telah ditetapkan.
- Menyiapkan dan membantu kepala akuntan pada proyek akuntansi khusus tertentu dan dalam mengoordinasikan area akuntansi pada proyek khusus berskala besar lainnya yang terkait dengan mitra yang diprivatisasi, untuk memastikan bahwa semua informasi yang diberikan untuk proyek khusus/manajemen ini akurat dan sesuai dengan prosedur akuntansi yang tepat, MSA, dan kebijakan PTFI.
Tantangan utama dalam posisi ini meliputi:
- Memahami berbagai lini privatisasi bisnis dan kontrak masing-masing (MSA) dan membuat penilaian berdasarkan kondisi transaksi akuntansi tertentu.
- Sifat dinamis dari lingkungan akuntansi karena situasi perusahaan, kebijakan, dan arah berubah.
- Membenarkan perlakuan akuntansi pada mitra privatisasi sesuai dengan GAAP dan kebijakan perusahaan.
- Memenuhi tenggat waktu dan target penutupan, khususnya mengelola data dan informasi yang berkaitan dengan perusahaan privatisasi.
- Berkomunikasi dengan berbagai tingkatan orang, terutama dalam organisasi mitra privatisasi.
Latar belakang, pendidikan, dan pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk berhasil dalam pekerjaan ini adalah:
Pendidikan dan Pengalaman Minimal
- Gelar Sarjana yang diperlukan di bidang Akuntansi, Bisnis atau Manajemen dari Universitas yang diakui atau pengalaman yang setara.
- 1 – 3 tahun pengalaman di bidang akuntansi atau keuangan. Pengalaman dalam penugasan audit lebih diutamakan
Kompetensi Inti (Pengetahuan, Keterampilan & Karakter)
- Pengetahuan luas tentang prinsip dan teori akuntansi.
- Kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris secara lisan dan tertulis.
- Literasi komputer: perangkat lunak perkantoran dasar serta aplikasi SAP, IT, dan pelaporan pusat yang luas.
- Keterampilan analitis.
- Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai tingkatan orang.
Bidang-bidang utama di mana Anda memiliki tanggung jawab dalam pengambilan keputusan adalah:
- Perlakuan akuntansi yang tepat.
- Verifikasi dan pemeriksaan faktur.
- Jelaskan analisis varians dengan menyajikan varians harga vs. volume.
Tanggal : 05 September 2024
Cek info pendaftaran pada link berikut: Freeport.career